Bidang-Bidang Yang Terdapat Pada Profesi Akuntansi

Bidang-Bidang Yang Terdapat Pada Profesi Akuntansi - Apa itu Akuntansi? Akuntansi merupakan sebuah bidang yang mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Akuntasi sendiri terdapat beberapa bidang. 

Bidang-Bidang Yang Terdapat Pada Profesi Akuntansi

Bidang-Bidang Yang Terdapat Pada Profesi Akuntansi

Apa saja bidang-bidang tersebut? Berikut beberapa bidang akuntansi yang akan didapatkan oleh seseorang yang ingin berkecimpung di dunia akuntasi.

1.  Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan adalah akuntansi yang mencakup unit ekonomi secara keseluruhan dan berhubungan dengan penyampaian informasi kepada pihak luar perusahaan dengan menyusun laporan keuangan. Akuntansi Keungan terlibat langsung dengan pemegang saham, pelanggan, kreditur, dan badan pengatur.

2.  Akuntasi Pemeriksaan (Auditing)

Bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan indipenden terhadap laporan keuangan yang dibuat pada Akuntansi Keuangan.

3.  Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen adalah akuntansi yang dibuat dalam rangka membentuk manajemen (pimpinan) untuk mengambil suatu kepuntusan. Akuntansi Manajemen juga memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya. Akuntansi Manajemen mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas, dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan.

4.  Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang menentukan kalkulasi harga pokok dari suatu produk pada perusahaan industri atau pabrik. Akutansi Biaya akan didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan.

5.  Akuntansi Perpajakan

Akuntansi Perpajakan adalah akuntansi yang menentukan pajak dari perusahaan yang dikenakan pajak oleh pemerintah. Dalam perpajakan akan dibahas tentang hukum-hukum dan perhitungannya dalam menentukan usaha pajak perusahaan tersebut.

6.  Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi adalah sistem yang menyediakan informasi keuangan maupun non keuangan yang diperlukan untuk kegiatan perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi merancang cara melakukan pencatatan akuntansi supaya aman, efektif, dan efisien, dari mengorganisir dokumen, fomulir-formulir dan menyusun prosedur pencatatannya.

7.  Budgeting

Budgeting adalah bidang akuntansi yang mengatur penyusunan perencanaan keuangan perusahaan baik jangka panjang atau pendek.

8.   Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi Pemerintahan adalah bidang akuntansi yang mencatat dan melaporkan segala transaksi yang terjadi pada lembaga-lembaga pemerintahan. Akuntansi Pemerintahan menyediakan laporan akuntansi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara.

9.   Akuntansi Sosial

Akuntansi Sosial adalah akuntansi yang memberikan data informasi tentang ekonomi makro. Contohnya mengukur pola kepadatan lalu lintas dalam rangka penentuan pemakaian dana transportasi yang efisien.

10.  Akuntansi Organisasi Non Profit

Merupakan bidang akuntansi yang tujuannya bukan mencari profit (laba). Contohnya Akuntansi Yayasan, Perkumpulan Sosial, dan lain sebagainya.

Dan masih banyak lagi bidang akuntansi yang lainnya di berbagai perusahaan dan tempat. Karena akuntansi merupakan sebuah bidang yang peluang kerjanya sangat luas dan banyak, dengan terjaminnya gaji yang proporsional sesuai bidangnya. Jadi tidak perlu lagi jika ingin mendalami bidang akuntansi untuk mencari profesi dan pekerjaannya.

Ditulis Oleh: Muhammad Fadhil Nurhidayat (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel