Menciptakan Jiwa Kepemimpinan

Menciptakan Jiwa Kepemimpinan - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian kepemimpinan adalah cara seseotang memimpin atau perihal seseorang dalam memimpin. Secara harfiah, kepemimpinan berasal dari kata “pimpin― yang artinya mengarahkan, membina, mengatur, menuntun, menunjukkan, atau memengaruhi. Pemimpin bukan sekadar memerintah orang yang jabatannya dibawahnya. 

Menciptakan Jiwa Kepemimpinan 

Menciptakan Jiwa Kepemimpinan

Sosok pemimpin membantu diri mereka sendiri dan orang lain untuk melakukan hal yang benar. Mereka menetapkan arah, membangun visi yang menginspirasi, dan menciptakan sesuatu yang baru. Kepemimpinan adalah tentang memetakan ke mana Anda harus pergi untuk berhasil sebagai tim atau organisasi. Namun ala arti kepemimpinan menurut para ahli?? 

Pengertian kepemimpinan menurut Kartini Kartono (1994) adalah karakter khas, khususnya, mengambil situasi tertentu. Karena kelompok melakukan kegiatan tertentu dan memiliki tujuan dan berbagai peralatan khusus. Pemimpin kelompok dengan fitur karakteristik adalah fungsi dari situasi tertentu. 

William G. Scott (1962) berpendapat pengertian kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam kelompok dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. 

Dan masih banyak lagi pengertian tentang kepemimpinan menurut para ahli. Dari makna kepemimpinan itu kita dapat menyimpulkan bahwa pemimpin ialah orang yang mempimpin suatu agenda yang dimana orang itu mengkoordinasikan seluruh media yang tertera pada agenda tersebut.  

Tentang kepemimpinan juga di jelaskan dalam ayat suci Al-Quran surah Al-Baqarah ayat : 30 

  سُ دِ َقُنوَ كَ دِ مْ حَ ب ِ حُ ب ِ سَ ُن نُ حْ َنوَ ء َامَ دِ لا كُ فِ سْ يَ وَ اه َيفِ ُدس ِف ُْي نْ مَ اهَ يِف لُ َع ج َْتَأ اوُلاقَ ًةفَيلِ خَ ض ِر َْلأا يِف لٌ ع ِاجَ ي ن ِإِ ةِ ك َ ئِلَ َم َلْ لِ كَ بُّ رَ لَ اقَ ذِْإ وَ  نَ ومُ َلعْ َت َلا امَ مُ َلعْ َأ ي نِ إِ لَ اَق كَ َل 

Artinya: "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Al Baqarah: 30) 

Dari ayat tersebut bahwa Allah menjelaskan kita layaknya sebagai seorang manusia harus bisa menjadi seorang pemimpin yang bersifat adil dan jujur.  

Kemudian kepemimpinan juga memiliki fungsi dalam sebuah agenda. Salah satu fungsi dari kepemimpinan adalah Pemimpin harus bisa memberi arahan, bimbingan, serta contoh yang baik terhadap anggota. Untuk mewujudkannya, seorang pemimpin perlu mengadakan kegiatan bimbingan, koordinasi, dan pengawasan. Atau fungsi lainnya sebagai komunikasi dua arah Komunikasi ini digunakan saat pemimpin hendak menetapkan kebijakan atau keputusan dan memerlukan pertimbangan dari kelompok yang dipimpinnya. Dengan begitu, keputusan pun dapat diambil secara efektif dan maksimal. 

Kepemimpinan adalah proses di mana seseorang dapat mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain menuju tujuan tertentu dalam situasi tertentu. Kepemimpinan adalah kemampuan seorang manajer untuk mendorong orang yang dia pimpin untuk bekerja dengan percaya diri dan semangat. 

Oleh karena itu, salah satu tujuan kepemimpinan yaitu menjadi sarana untuk mencapai sebuah tujuan. Melalui kepemimpinan, setiap individu dapat memperhatikan cara seorang pemimpin untuk mewujudkan tujuan atau keinginannya. Dengan begitu, kepemimpinan bisa digunakan sebagai tolok ukur dalam mencapai tujuan tersebut. 

Ditulis Oleh: Nabila Khoirunnisa (Mahasiswi STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel