7 Prospek Kerja Dan Profesi Yang Didapatkan Ketika Menjadi Lulusan Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Dan Profesi Yang Didapatkan Ketika Menjadi Lulusan  Jurusan Akuntansi   - Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang populer bagi para mahasiswa internasional di berbagai destinasi studi. Hal ini tidak mengherankan, karena karir di bidang akuntansi menjanjikan pemasukan yang menggiurkan dan menjamin perjalanan karir yang mulus.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi

Sebelum mengenali pekerjaan apa yang didapat ketika memilih jurusan akuntasi saya akan membahas terlebih dahulu tentang pengertian dari makna akuntansi tersebut. Pengertian Akuntansi Menurut Financial Accounting Standards Board (FASB) yang dimana mereka  merupakan sebuah organisasi yang memiliki fungsi untuk menentukan standar akuntansi keuangan sejak tahun 1973 di Amerika. Menurut mereka pengertian akuntansi sendiri adalah “Kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan suatu informasi atau data kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi”. Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah sebuah kegiatan yang berguna menghasilkan laporan keuangan yang dapat dianalisa untuk membuat keputusan yang tepat.

 Sedangkan menurut Paul Gradi yang adalah seorang pakar akuntansi terpercaya dari Amerika, pengertian dari akuntansi adalah “Sebagai fungsi organisasi secara sistematis, dapat dipercaya dan original dalam mengklasifikasi, mencatat, memproses, menganalisa, serta menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi didalam kegiatan operasional perusahaan sebagai pertanggung jawaban atas kinerja dari organisasi tersebut” Dari penjelasan tersebut kita tahu bahwa, menurut Paul Gradi akuntansi tidak hanya digunakan untuk mengambil sebuah keputusan ekonomi, namun juga dapat digunakan untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mempertanggung jawabkan kinerjanya.

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli akuntansi  diatas, secara umum dapat kita katakan bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan tersistem yang dilakukan terus menerus untuk dapat mengolah data menjadi laporan yang nantinya akan berguna untuk kepentingan banyak pihak. Baik itu untuk mengambil keputusan, atau untuk proyeksi kinerja perusahaan. Seorang akuntan juga dapat mengevaluasi anggaran untuk menyarankan cara-cara meningkatkan kondisi keuangan. Contohnya, seorang akuntan bisa memberikan rekomendasi cara mengurangi biaya operasional. Dengan begitu, jumlah keuntungan bisa ditingkatkan. Beberapa akuntan juga menginvestigasi kecurangan finansial dalam pengoperasian suatu badan usaha atau organisasi. 

Setelah kita mengenali dan memahami pengertian dari akuntasi tersebut, maka kita akan membahas prospek kerja dan profesi apa yang kita dapatkan ketika kita menajadi lulusan jurusan akuntansi. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini membuat banyak perubahan di dunia kerja. 

Banyak profesi telah mulai tergantikan fungsinya oleh komputer atau mesin. Walaupun secara garis besar perkerjaan seorang akuntan hanya mengihitung pemasukan dan pengeluar sebuah perusahaan, namun profesi Akuntan bisa dikatakan masih sulit untuk digantikan. Hal ini disebabkan tingkat kerumitan pekerjaan seorang akuntan. Selain membuat laporan keuangan, para akuntan juga harus melakukan berbagai hal yang tidak bisa diambil alih oleh teknologi, seperti mengambil keputusan bisnis strategis serta memahami berbagai aturan keuangan terbaru dari Pemerintah. 

Menurut data terbaru, kebutuhan akan jasa akuntan diprediksi mengalami peningkatan 10% hingga tahun 2026. Jika dibandingkan dengan profesi-profesi lain, peningkatan ini lebih tinggi dari rata-rata. Jadi prospek kerja lulusan jurusan akuntansi masih sangat cemerlang di masa mendatang.

Setelah mengetahui sebesar apa prospek kerja yang dimiliki oleh seorang akuntan maka kita akan membahas profesi yang bisa dijalani lulusan jurusan akuntansi . Para lulusan jurusan akuntansi bisa memilih berbagai jalur karir. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Akuntan Publik

Akuntan Publik dapat bekerja sendiri atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen serta laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik dan terus mengikuti perkembangan terbaru regulasi perpajakan.

2. Petugas Akuntansi

Profesi ini mencatat data dan memperbarui dokumen keuangan dengan mengunakan komputer dan teknologi. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di segala macam industri. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini.

3. Manajer Akuntansi

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan lain di tempat kerjanya. Profesi ini sangat membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan mengelola dan memimpin, serta keahlian menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan.

4. Asisten Akuntansi

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Posisi ini bisa menjadi opsi yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas - seperti pembukuan, mengurus laporan keuangan dan buku besar,  serta tugas-tugas dasar lainnya.

5. Certified Public Accountant (CPA)

CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di bidang akuntansi. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit, menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menjalani profesi ini, kamu perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA.

6. Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi agar biaya-biaya tersebut dapat dikurangi. Dengan begitu, keuntungan dapat dimaksimalkan.

7. Account Officer

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar.

Dan masih banyak lagi profesi yang dapat dilakukan oleh seeorang akuntan. Kemudian seorang akuntan tidak hanya dapat berkerja disebuah perusahaan saja. Namun, seorang akuntan dapat bekerja di sebuah sekolah, bank dan masih banyak tempat lainnya. Maka dari itu, pilihlah jurusan akuntansi dan pelajari akuntansi tersebut dengan giat sehingga kamu dapat memilih profesi yang kamu inginkan dan dan menjadi seorang akuntan yang paham pada setiap bidangnya. 

Ketika seseorang menanyakan sebuah kesulitan apa yang terdapat dalam akuntansi, maka hal itu pasti ada karena jurusan apapun yang akan kita ambil pasti ada kesulitan didalamnya. Namun, kesulitan tersebut dapat kita atasi dengan banyak belajar dan membaca buku buku yang berkaitan dengan akuntansi atau belajar kepada orang-orang yang lebih awal dan paham jelas tentang dunia akuntansi. Jadi, tak ada alasan bagi kita untuk menyerah dalam meraih cita-cita kita menjadi seorang akuntan yang hebat.

Ditulis Oleh : Syifatiani Kurnia (Mahasiswi STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel