Medianya Kaum Milenial

10 Tips Agar bisa Menjadi Influencer Sukses

0 17

Tips Agar bisa Menjadi Influencer Sukses Update terbaru – Tren menjadi seorang influencer di tahun sekarang ini memang banyak sekali peminatnya. Apalagi media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram dan YouTube memang bukanlah hal yang tabu bagi masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi orang terkenal di media sosial, mereka mengunggah konten yang unik di masing-masing platform demi mendapatkan sebuah exposure dan menjadi viral.

Apalagi popularitas bukanlah satu-satunya dari tujuan seorang influencer, karena pundi-pundi rupiah dari media sosial inilah yang bisa jadi salah satu penyebabnya.

Tips Menjadi Influencer Sukses

Dengan halnya iming-iming ingin mendapatkan uang yang banyak, tak heran kalau semua kalangan masyarakat dari yang muda sampai yang tua mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan dan paling terkenal. Bahkan untuk konten yang dibuat pun sangat beragam mulai dari tema prank, gaya hidup, traveling, review, kecantikan, hingga konten masak-masak.

Berprofesi menjadi seorang influencer memang tidak ada salahnya untuk dilakukan. Apakah Anda adalah salah satu orang yang tertarik di bidang profesi ini? Punya keinginan menjadi influencer? Mungkin Anda bisa coba hal-hal yang sudah kami rangkum di bawah ini untuk bisa menjadi seorang Influencer yang berhasil atau sukses!

1. Bagikan ilmu pengetahuan dan hal menarik

Tips yang pertama yaitu untuk bisa mengundang para audiens ke dalam media sosial yang Anda miliki, maka Anda dapat membagikan cerita yang menarik dan juga ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

Karena menjadi seorang influencer itu bukan hanya persoalan mengunggah foto/gambar dan video saja, tetapi juga harus memiliki insight yang berguna bagi para penonton atau pengikutnya.

Contohnya, jika Anda tertarik dengan dunia sepak bola maka Anda bisa berbagi seputar infoa pertandingan sepak bola atau berbagi tips menjadi seorang pemain sepak bola yang hebat dengan teknik yang Anda kuasai. Biasanya para pengikut Anda ini mayoritas juga penikmat sepak bola. Janganlupa kemaslah kontenmu itu baik berupa video atau foto semenarik mungkin dan belajarlah dalam dunia editing mulai dari sekarang.

2. Carilah hal yang kamu minati

Tips yang kedua yaitu mencari sesuatu yang sangat Anda minati atau yang di sukai. Sesuatu yang mana itu sangat Anda ketahui dan ingin Anda bagikan ke orang lain dengan rasa bahagia. Jadi jangan hanya karena ada orang lain yang membuat konten yang berbeda dengan minatmu dan ia berhasil, bukan berarti Anda harus mengikuti jejaknya. Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘you can’t make it if you fake it‘?

Nah, mungkin istilah itu yang tepat, karena Anda tidak bisa hanya sekadar hanya ikut-ikutan saja dalam membuat konten viral, apalagi sesungguhnya Anda ini tidak minat di bidang tersebut. Sebaiknya selalu melakukan riset informasi sebanyak-banyaknya dan juga jangan terburu-buru untuk memutuskan suatu hal.

3. Rapikan feed Instagram

Jika Anda ini ingin fokus menjadi seorang influencer di Instagram, maka jangan lupa untuk merapikan format feed Instagram-mu agar bisa menarik saat dilihat pengunjung.

Untuk merapikan feeds di Instagram bisa dimulai dari merubah warna foto yang senada antara satu dengan yang lainnya, sehingga akan terlihat seragam saat dilihat audience.

Dari sekarang mulailah belajar tools editing seperti Adobe Light Room dan VSCO yang sering digunakan oleh banyak orang. Setelahnya janganlupa untuk mengunggah foto yang saling berkaitan. Misalnya jika Anda ingin menjadi seoang Chef terkenal, maka unggahlah foto atau video yang berkaitan dengan menu makanan atau masak-masak.

Hindari mengupload foto yang tak ada kaitannya dengan niche kategori akun isntgrammu, di tengah-tengah feeds-mu itu apalagi Anda masih dalam proses sedang membangun Brand.

4. Coba tren terbaru

Tips yang ke empat yaitu untuk mencoba keberuntungan di media sosial sebaiknya Anda jangan malas untuk melakukan riset mengenai tren konten apa yang sedang beredar. Jadi, Tren ini bukan hanya sekadar tema belaka tetapi juga perlu dibuat dengan baik agar konten yang disajikan lebih menarik dan dapat mendapatkan view dan like yang banyak.

Untuk mencari tren konten yang nantinya akan booming di Indonesia, sebaiknya Anda mencari tren yang terlebih dulu viral di luar negeri, karena tren di Negara Indonesia ini biasanya agak telat.

Contohnya seperti podcast, padahal sejak dulu sudah menjadi tren di negara Amerika karena bisnis radio yang mati, namun di Indonesia belum lama ini menjadi sebuah tren baru yang akhirnya semua influencer mencoba keberuntungannya membuat konten baru-baru ini.

5. Interaksi

Apakah Anda sudah tahu apa tugas utama dari seorang influencer? Tentu sudah pasti meng-influence masyarakat dengan hal-hal yang kearah positif. Anda akan menjadi icon atau Opinion Leader dari suatu Barnd dan sangat berpengaruh pada pengikutmu nantinya.

Oleh karena itu jangan lupa kalian ini untuk selalu berinteraksi dengan mereka dan tak kalah ketinggalan berikan opini-opinimu sebagai seorang influencer. Ingat, menjadi seorang influencer adalah bentuk komunikasi dua arah ya, sehingga Anda tidak bisa mengabaikan para followers jika terjadinya interaksi tersebut.

6. Perluas Networking

Bagaimana bisa mendapat exposure jika Anda saja tidak memperluas networking alias pergaulan? Oleh karena itu untuk memulai menjadi seorang influencer jangan lupa Anda untuk sering-sering berinteraksi dengan para influencer yang lainnya.

Sebutan di jaman sekarang ini disebut dengan pansos alias panjat sosial. Walaupun sifatnya pansos ini berkonotatif negatif, tetapi Anda akan tetap bisa pansos dengan cara yang lebih baik.

Bagaimana caranya? yaitu caperlah dengan para influencer lain seperti memberikan komen-komen yang bernilai postif atau berhubungan dengan kontennya.

Cari juga topik yang memang sangat menarik untuk dibalas oleh si influencer tersebut dan bukan hanya sekadar komentar-komentar belaka yang tidak penting layaknya bot yang pada akhirnya menjadi menganggu (SPAM).

Cara yang kedua yaitu dengan rajin-rajin datang ke acara-acara yang mana acara itu sesuai dengan minatmu. Selain bisa menambah networking, datang ke sebuah event juga akan dapat menambah wawasan dan ilmu seputar topik yang ingin Anda perdalam, lho!

7. Konsisten

Konsisten adalah kunci kesuksesan. Jika Anda ingin menjadi seorang influencer, maka konsistenlah dalam mengunggah sebuah konten. Jika Anda jarang upload, pastinya Anda akan kalah dengan saingan-sainganmu itu yang sering upload.

Namun Anda harus tetap ingat ya, konsistensi dalam mengupload konten juga harus berbanding lurus dengan kualitas video atau topik yang Anda sajikan.

Karena bisa salah juga kalau sering-sering upload tapi kontennya itu tidak memberikan insight bagi orang lain, lantas buat apa? Tentu tidak akan dilirik juga oleh mereka, kan?

Dari itu, sebaiknya pikirkan dengan matang dulu sebelum membuat sebuah konten. Buatlah sebuah planner yang berisi tema-tema yang nantinya akan Anda unggah ke media sosial.

8. Optimalkan Media Sosial Kamu!

Sekarang ini sudah ada beragam jenis platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menjajaki dunia karir sebagai seorang influencer. Kebanyakan seorang influencer itu memanfaatkan satu sampai dua platform Media Sosial contohnya seperti TikTok dan Instagram. Namun yang paling populer adalah Instagram, Youtube, TikTok dan Twitter. Setelah Anda berhasil menentukan platform mana yang ingin Anda manfaatkan, ada baiknya lagi cari cara untuk mengoptimalkan profil Anda tersebut di media sosial loh!

9. Bangun ciri khas konten sebagai influencer

Tips yang ke sembilan, tak kalah pentingnya. Hal yang bisa membuat akun media sosial kalian bisa dikenal khalayak luas adalah kontennya. Oleh karena itu sebaiknya buatlah konten yang menghibur dan tentunya edukatif. Sebenarnya sudah ada beberapa tema besar yang bisa Anda pilih seperti travelling, Sosial Eksperimen, Kuliner, Dakwah, Cover Lagu, dan Tutorial.

10. Jaga kualitas foto dan video

Tak kalah penting juga, dalam mengupload sebuah Konten baik itu berupa foto atau video maka sebaiknya perhatikan juga kejernihan dari konten tersebut. Jika Video maka hendaknya perhatikan suara audionya agar jernih dan gambarnya juga jelas tidak buram. Biasanya seorang audience menyukai kualitas gambar video yang jernih dan bagus.

Akhir Kata

Nah itulah ulasan tentang 10 Tips Agar bisa Menjadi Influencer Sukses. Gimana? apakah Anda sudah tertarik untuk mencoba menjadi seorang influencer? Perlu diingat! bahwa untuk menjadi seorang influencer bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan ya!. Semua butuh proses dan hal ini juga perlu dipelajari secara pelan-pelan dan bertahap (konsisten). Ingat, biasanya sesuatu yang munculnya instan maka akan selesai secara instan juga. Selain menjadi seorang influencer, karier apa lagi yang nantinya akan Anda coba?

Leave A Reply

Your email address will not be published.